Breaking News

Pilkades Batu Bara 16 Nov. 2022, Desa Kuala Tanjung Laksanakan Musyawarah Pembentukan Panitia

 



Batu Bara, radarjakarta.net

Perbup Batubara Nomor 46 Tahun 2022 Perubahan Atas Perbup Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa.  


Pemerintah Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera utara berdasarkan Perbup Petunjuk teknis Pemilihan kepala desa dan menetapkan jadwal waktu  Pilkades serentak 16 November 2022.


Pemerintahan desa kuala tanjung melalui Badan Permusyawaratan Desa(BPD)  mengadakan musyawarah Pembentukan Panitia Pemilihan kepala desa, rapat musyawarah dipimpin Sopian Helmi ketua BPD didampingi Pj kepala desa L. Samosir.SE, Darni ginting Sekdes, Elisyah ketua LPM, Mewakili Kapolres Batubara Brigadir Polisi Rama, dan juga dihadiri Radiansyah F Lbs.S. STP Kadis PMD. dibalai desa Kuala Tanjung. Minggu (29/05/2022).


Rapat pembukanan Pembentukan Panitia pemilihan Kepala desa (Pilkades)  didesa kuala tanjung di buka ketua BPD Sopian Helmi dan memaparkan bahwa pemilihan kepala desa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pada pilkades tahun ini akan dilaksanakan Pencoblosan pemungutan suara berdasarkan setiap dusun, dan setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya dibenarkan maksimal 500 orang dari  masing-masing setiap dusunnya. 


Bedasarkan DPT yang kita dapatkan dari pencatatan sipil Daftar Pemilih Tetap (DPT)  didesa kuala tanjung sejumlah 4950 orang, sehingga kita harus menyiapkan 10 TPS dan setiap TPS di laksanakan oleh petugas 5 orang panitia pilkades. 


Kenapa dilakukan demikian,  karena masih covid 19 menghindari kerumunan dan menghemat waktu yang efisien, sehingga pilkades diharapkan berjalan sebagaimana mestinya dan sukses,  pelaksanaan pilkades tertuang di Perbup nomor 46 tahun 2022. sebut Sopian. 


Selanjutnya Sopian Helmi menyerahkan Pelaksanaan Pembentukan panitia Pilkades kepada peserta musyawarah. 


Musyawarah pembentukan panitia pilkades, pertama dilakukan penjaringan calon ketua, lalu dilakukan cara voting dengan menunjuk tangan dan terpilih Jaya Tarigan sebagai ketua.


Sehubungan perbup membenarkan Sekretaris desa bisa dipilih sebagai panitia pilkades, maka Darni ginting langsung di pilih oleh peserta musyawarah sebagai  sekretaris panitia pilkades.  


Ketua terpilih Jaya Tarigan di beri hak oleh peserta musyawarah menunjuk bendahara dan terpilih Dadang yusri. 


Selanjutnya musyawarah memilih dan menetapkan seluruh anggota seksi-seksi panitia pilkades sejumlah 62 orang.


Bupati Batubara Ir. H Zahir. M.AP melalui Kadis PMD Radiansyah F Lubis. S.STP mengatakan: Pemerintah Batubara berharap pilkades berjalan baik dan sukses, untuk berharap Pesta demokrasi Pilkades berjalan sukses, kita sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri meminta sumbang syaran dalam menjalankan tahapan-tahapan pilkades, dan agar panitia pilkades memberikan informasi kepada masyarakat yang  tranfaransi, baik dan benar.


Makanya tadi nomor Hp saya berikan kepada warga mansyarakat, agar  warga dapat  menyampaikan aspirasinya, bilamana nantinya panitia ada kesilapan, kealpaan dan kita akan musyawarahkan mencari solusi yang terbaik.ujar Radiansyah. (Sp) 

Tidak ada komentar