Breaking News

Peringati Hari Pattimura, IKMal Dumai Gelar Halal Bi Halal

 





DUMAI, RADARJAKARTA.NET—

 Ikatan Keluarga Masyarakat Maluku (IKMMal) Dumai, peringati Hari Maluku dan Halal Bi Halal, Senin (16/5/2022), secara sederhana meriah, di Gedung Pertemuan Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB), Jln Air Bersih.


Halal Bi Halal Hari Pattimura IKMMal Dumai pertama kali di adakan, setelah 3 tahun vakum, karena Pandemi Covid-19.


Acara di mulai dengan terlebih dahulu, prosesi rombongan pengurus dan panitia masuki gedung.


Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Mars Pahlawan Pattimura di pandu Uly Tehuayo.


Doa pembuka oleh Pdt. Claudya Yosep Sahertian dan Tarian Lenso Jujaro jadi run down berikutnya.


Prosesi obor Pattimura di iringi pembacaan sejarah Kapitan Pattimura.


Thomas Matulessy atau Thomas Matulessy adalah pahlawan Nasional Indonesia dari Hualoy, Maluku. Pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan berasal dari Pulau Nusa Ina.

Lahir 8 Juni 1783 di Haria, meninggal 16 Desember 1817, di Kota Ambon. Oleh Pemerintah Indonesia di beri penghargaan National Hero of Indonesia (Pahlawan Nasional), karena semasa hidupnya gigih melawan Belanda. Ayah bernama Frans Matulessia, Ibu bernama Fransina Tilahoi, miliki satu saudara, bernama Yohannes Matulessy.


Hari Pattimura di peringati setiap 15 Mei, karena pada 15 Mei 1817, Kapitan Pattimura memimpin penyerangan ke benteng Belanda, Duurstede. Tanggal itu diperingati sebagai Hari Pattimura.


Dalam sambutannya, Ketua Tim Kerja Hari Pattimura, Febby Tetelepta, berkata "Terimakasih kehadiran semua keluarga besar Maluku. Telah 3 tahun kita semua tak bersua, karena Pandemi Covid-19. Kerinduan berkumpul dengan torang samua akhirnya bisa wujud hari ini. Terimakasih bagi semua panitia".


Dan lagi, katanya "Kita rutin adakan peringatan Hari Pattimura, karena masyarakat Ambon di perantauan tak pernah pisah dari tanah leluhur".


Tak lupa, wanita bersuamikan pria Batak ini tekankan kekuatan saling peduli dan sifat persaudaraan.


"Ta Potong di Kuku, Saki di Dada (Sama Rasa Dalam Suka dan Duka)," tutup wanita, berabangkan salah satu anggota DPRD Dumai ini.


Senada, Ketua IKMMal Dumai Alex Gerritsz juga berucap hal sama. "Satu Gandong, Satu Sodara," inti sambutan Alex Gerritsz.


Nyanyian solo Maluku Tanah Pusaka oleh Max Sapulette 

serta tarian Wayase oleh Jujaro dan Mungare Ambon, tampil di pertengahan acara.


Halal Bi Halal di bawakan oleh Ustadz H Mujaini, S.Ag.


Setelahnya, ramah tamah bagi semua Keluarga Besar IKMMal.


Pantauan Jurnalis, tampak hadir Danramil 01/Kota Mayor (Inf) Kabul.


IKMMal merupakan salah satu dari 18 perkumpulan kesukuan yang ada di Kota Dumai. Beranggotakan ±70 KK, tersebar di 7 Kecamatan Kota Dumai. Bahkan ada yang berdiam di Kota Administratif Sungai Pakning. Arisan, bakti sosial, merupakan kegiatan yang sudah di jadwal secara berkala. Demikian pula dalam pelayanan suka dan duka, tetap solid dan kokoh.


Peringatan Hari Pattimura saat ini adalah yang ke-205.



(ES)

Tidak ada komentar