Breaking News

Hari Lahir Pancasila Modal Menuju Indonesia Emas

 



Bekasi - Radar Jakarta

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momentum untuk mengingat kembali sejarah terciptanya Pancasila sebagai landasan dasar negara Republik Indonesia. Serta momentum untuk bersatu menyongsong Indonesia Emas, yang maju dan beradab.


Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Bekasi H. M. Saifuddaulah seusai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang digelar di Plaza Pemerintah Kota Bekasi.


"Momentum lahir Pancasila ini, agar kita tetap bersatu dalam keberagaman, membangun bangsa yang adil dan beradab," kata Saifuddaulah usai memimpin upacara. 


Politisi senior PKS ini, memaparkan bahwa nilai-nilai dan semangat Pancasila, telah mampu mempersatukan anak bangsa yang beragam suku, bahasa, dan agama. Pancasila terbukti telah berhasil menjadi perekat dalam berbagai masalah yang menerpa bangsa Indonesia.


"Sejak Indonesia merdeka hingga hari ini, beberapa kali bangsa kita terancam disintegrasi, tetapi karena Pancasila, kita masih menjadi bangsa yang besar hingga saat ini," papar Ketua DPRD yang biasa disapa Ustadz Daulah ini.


Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.


Menilik sejarah, Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka. 


Hari Lahir Pancasila 2024 kali ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Menurut  Saifuddaulah, tema ini dimaksudkan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


"Dalam momentum ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan Nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," papar Saifuddaulah.


Menurut Saifuddaulah, Pancasila juga menjadi modal bagi generasi bangsa saat ini dan di masa depan. Apalagi Indonesia memiliki visi Indonesia Emas di tahun 2045.


"Ini menjadi bekal kita, modal kita untuk meraih visi Indonesia Emas di tahun 2045," tuturnya.


Dalam konteks Kota Bekasi, nilai-nilai Pancasila sangat dibutuhkan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024. Sehingga masyarakat bisa menerima perbedaan tetapi tetap bersatu dan bergotong-royong menuju Kota Bekasi yang Maju, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Berorientasi pada Pelayanan yang Baik.


"Sangat dibutuhkan implementasinya karena di situ ada persatuan, cinta tanah air, gotong royong, ada demokrasi. Kalau itu semua dihayati, Pilkada kita akan lancar, sukses, sebagaimana kita juga sukses dalam melaksanakan Pemilu 2024," tandasnya.


Saifuddaulah menekankan kepada generasi muda di Kota Bekasi untuk selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa setiap masyarakat. 


"Di hari Lahir Pancasila ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat di Kota Bekasi untuk menjaga toleransi dan mengedepankan persamaan sehingga antara umat beragama bisa berjalan kondusif dan saling menjaga keamanan serta kenyamanan bermasyarakat," pungkasnya.


Dalam upacara yang khidmat, peserta upacara hadir dengan memakai pakaian tradisional dari daerah Kota Bekasi dan daerah lainnya. Pada upacara Hari Lahir Pancasila, Ketua DPRD Saifuddaulah berkesempatan membacakan butir-butir Pancasila.


 "Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024," tandas Saifuddaulah.(***)

Tidak ada komentar