Breaking News

Resmikan Masjid di Kalteng, As SDM Kapolri Ingat Pesan Orang Tua.

 



Kalteng, Radar Jakarta News.com.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo bertolak ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dan meresmikan masjid Natabel Jannah, yang dibangun saat dirinya menjabat Kapolda Kalteng. Dedi mengungkapkan pesan mendiang orang tua semasa hidup kepada dirinya.

"Saya teringat apa pesan yang disampaikan kedua orang tua saya semasa hidup kepada dirinya.

"Saya teringat apa pesan yang disampaikan kedua orang tua saya kepada saya, untuk menyisihkan rezeki untuk membangun masjid dimanapun karena insyaALLAH rumah ibadah bermanfaat untuk masyarakat luas," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/1/2024).

Masjid Natabel Jannah berdiri di Komplek Perumahan Bhayangkara Residence, Jalan Lamtoro Gung, Kota Palangka Raya.

Dedi menceritakan saat dirinya menjadi Kapolda Kalteng, ia mendengar warga di Perumahan ini kalau mau ibadah ke masjid jaraknya cukup jauh.

"Masyarakat di perumahan Bhayangkara Residence ini, kalau mau ke masjid cukup jauh karena di sekitar sini belum ada masjid oleh karena itu, saya bertekad untuk membangun masjid di sini, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beribadah," ucap Dedi.

Dedi menyampaikan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) juga didirikan di area masjid Natabel Jannah.

Dia menyerahkan kepengurusan Yayasan Masjid ini kepada warga dan anggota Polri di perumahan tersebut.

"Kalteng sudah menjadi rumah kedua saya, harus memberikan kontribusi bagi Kalteng. Di masjid ini juga didirikan TPA untuk anak - anak belajar Al Quran, dan belajar tentang Islam," ujarnya.

Dedi berpesan agar masjid ini dimakmurkan, dirawat dengan tetap menjunjung tinggi filosofi kearifan lokal, Huma Belang. Dia menuturkan filosofi tersebut mengakar turun temurun di masyarakat Kalteng sehingga persatuan, kerukunan, dan moderasi beragama tetap terjaga di Bumi "Tambun Bungai".

"Semoga dengan diresmikannya masjid Natabel Jannah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk beribadah dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada ALLAH Subhanahu Wataala," kata Dedi.

Dia menyampaikan juga rasa terima kasih pada para pihak yang membantu pembangunan masjid ini, termasuk Gubernur Kalteng. Dedi juga berterima kasih kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng.

"Masjid ini dapat berdiri karena bantuan dari Gubernur Kalteng, Forkopimda Kalteng, dan seluruh stakeholders lainnya. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat dan pihak - pihak yang membantu pembangunan masjid ini," ungkap Dedi.

Peresmian masjid ini dihadiri oleh Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto, Wakil Gubernur Kalteng Edy Prabowo, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, Ketua MUI Kalteng Profesor Dr H. Khairil Anwar, M.Ag, serta Pejabat Utama (PJU)  Polda Kalteng serta masyarakat setempat.

Irjen Djoko dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Irjen Dedi. Djoko menilai yang telah dilakukan Irjen Dedi menjadi inspirasi bagi anggota Polri lainnya.

"Ini adalah inspirasi dan contoh yang patut ditiru oleh kita semua bahwa Polri harus bermanfaat bagi masyarakat," ucap Djoko.

Usai peresmian masjid, Dedi menyalurkan 1.500 paket sembako bagi warga sekitar yang membutuhkan. Dalam kesempatan ini, mantan Kadiv Humas Polri ini sempat berpesan kepada personel Polda Kalteng dan jajaran unruk memaksimalkan pengamanan Pemilu 2024, agar dapat terlaksana dengan damai.

Demikian Radar Jakarta News.com mewartakan seperti dilansir dari detiknews.


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar