Breaking News

3 Perwira Polda Papua Dipecat dengan Tidak Hormat

 


Jayapura, Radar Jakarta News.com.

Sebanyak tiga perwira kepolisian daerah (Polda) Papua diberhentikan dengan tidak hormat dari dinas kepolisian.

Upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) itu berlangsung di Lapangan Markas Polda Papua, Kota Jayapura, Papua, pada Senin (4/12/2023).

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan, ketiga perwira yang dipecat berinisial AKP SK, AKP BS, dan Ipda Nj. Mereka dipecat berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1252/IX/2023 tertanggal 18 September 2023 tentang PTDH dari Polri.

"Itu komitmen Polda Papua dalam menjalankan aturan dan mewujudkan transparansi berkeadilan, serta sebagai implementasi dari program Polri presisi," kata Fakhiri melalui keterangan pers tertulis pada Senin (4/12/2023).

Fakhiri menegaskan, setiap anggota Polri yang menjalankan tugas harus bersikap disiplin dan menjadi tauladan bagi masyarakat. Apalagi tugas anggota Polri melibatkan kewenangan luas.

"Kami prihatin karena tiga personel yang diberhentikan  dengan tidak hormat berpangkat perwira. Saya mengingatkan bahwa pangkat tersebut seharusnya menjadi teladan  dalam menciptakan inovasi dan prestasi, bukan waktunya untuk berbuat neko - neko," tegasnya.

Dihadapan peserta upacara PTDH, Fakhiri menyoroti peran Kepala Satuan Kerja (Satker), senior, dan rekan se angkatan untuk memantau dan membina anggota Polri. Fakhiri juga meminta agar perilaku yang mencurigakan segera diatasi, dan jika diperlukan Kasatker diminta melibatkan bidang profesi dan pengamanan.

"Saya  berharap agar kejadian itu menjadi pembelajaran bagi seluruh anggota Polda Papua. Saya minta tidak ada lagi anggota yang mengalami PTDH pada masa mendatang, dan menekankan pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang profesional, bertanggung jawab, dan patuh pada peraturan yang berlaku," tegas Fakhiri.

Radar Jakarta News.com mewartakan dilansir dari Jubi.id 


Reporter: Andi Razak BW/redaksi.

Tidak ada komentar