Breaking News

Oloan Nababan Minta BUMD Berkontribusi Hasilkan PAD untuk Kota Bekasi


BEKASI, RJ- Anggota Komisi III DPRD Kota Bekasi, Oloan Nababan menyoroti perusahaan plat merah milik Pemkot Bekasi, diantaranya adalah Perumda Tirta Patriot, PD Mitra Patriot, PD Migas, BPR Syariah, Perumda Tirta Bhagasasi juga PT. Sinergi Patriot (Perseroda).

Pasalnya, menjelang triwulan ke 4 tahun 2023 sebagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut rata – rata belum maksimal memberikan dividen untuk memenuhi capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemerintah Kota Bekasi.

"Tentunya dari semua BUMD sudah ada yang memberikan kontribusi dividen untuk menyumbang PAD, ada juga yang belum," kata Oloan, selasa (28/11/2023).

Salah satu BUMD, BPR Syariah menurut Oloan sudah memberikan kontribusi dividen ke Kota Bekasi cukup bagus dan diharapkan ke depan akan semakin meningkat.

"Secara kinerja BPRS ini cukup bagus, sudah memenuhi target -target yang mereka tentukan setiap tahunya untuk bisa memberikan kontribusi PAD Kota Bekasi," terangnya.

Sedangkan PDAM Tirta Bhagasasi yang sebagian asetnya masih dimiliki Pemerintah Kabupaten Bekasi dan saat ini sedang dalam proses akuisisi dengan Pemerintah Kota Bekasi, masih belum maksimal menyumbangkan PAD.

"Selama ini BUMD Bhagasasi sudah memberikan dividen untuk PAD Kota Bekasi walaupun tidak maksimal. Dan kinerjanya juga dibilang bagus, tidak terlalu. Karena masih banyak keluhan masyarakat atas kualitas air dan kontinyu suplai air yang tidak bisa terus menerus, tanpa ada gangguan," ungkap Oloan.


Kemudian, Perumda Tirta Patriot, meskipun sempat merugi karena adanya pemisahan aset dengan PDAM Tirta Bhagasasi, namun masih memberikan kontribusi PAD kepada Pemkot Bekasi.

"Nah Tirta Patriot kalau kita lihat dari kinerjanya ya lumayan bagus juga, ada kontribusi PAD yang diberikan kepada Pemkot Bekasi. Tapi kemarin juga dia merugi karena ada masanya aset," ucapnya.

Lebihlanjut, Ia mengimbau kepada BUMD yang belum maksimal memberikan kontribusi PAD kepada Pemkot Bekasi agar lebih meningkatkan produksi supaya dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

"Tadi kita sudah bicara contoh dari BPRS, dia sudah OK, sudah running well, Tirta Patriot ini sebenarnya, apalagi sekarang sudah ada yang masuk dari Bhagasasi, tentu nanti akan menjadi besar pelanggannya, hanya perlu kualitas bahan bakunya," terang Oloan.

Oloan berharap, BUMD milik Pemkot Bekasi akan dapat menyelesaikan rencana kerja hingga tahun 2025 ke depan, sehingga perusahaan plat merah tersebut mampu meningkatkan kontribusi PAD yang diberikan kepada Pemkot Bekasi.

"Sekilas BUMD kita dibilang sehat ada yang sehat, ada yang sehat dikit, bahkan ada yang sakit. Tapi apapun itu kita harus memberikan dorongan supaya lebih profesional, lebih mandiri dan inovatif, sehingga bisa tercapai tujuan dari pembentukan BUMD itu sendiri," pungkasnya. (Adv/ Setwan)

Tidak ada komentar