Breaking News

*Posluhdes, Inovasi Penyuluhan Pertanian di tingkat Kampung*




Radarjakartanews.com

Waykanan_Rabu,07 Juni 2023,Petani merupakan ujung tombak kedaulatan pangan penentu keberhasilan sektor pertanian suatu daerah. Untuk dapat meningkatkan kualitas SDM para petani maka dibutuhkan adanya percepatan desiminasi informasi, teknologi serta inovasi di bidang pertanian.


Untuk mendapatkannya petani diberikan ruang membentuk suatu kelembagaan yg bernama kelompok tani dan gapoktan. Tujuannya agar dapat bekerjasama dalam meningkatkan hasil usaha tani baik secara mandiri mau pun melalui kegiatan Penyuluhan Pertanian.


Memfasilitasi kegiatan tersebut PPL Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan yg juga PJ Kepala Kampung Bukit Gemuruh, Yayu Suhaesti telah menggagas dan mendirikan Pos Penyuluhan Pertanian Desa (Posluhdes). 


Posluhdes ini bertujuan sebagai wadah untuk menampung seluruh aspirasi para petani, kelompok tani mau gapoktan untuk memajukan kegiatan pertanian. Selain itu Posluhdes dapat digunakan sebagai pusat berbagai kegiatan penyuluhan pertanian, penyusunan Programa Pertanian, Penyusunan RDKK dan lain-lain.


Seperti salah satu kegiatan penyuluhan pertanian yg telah dilakukan, Rabu (7/6) lalu yaitu Pelatihan pembuatan pupuk organik dengan mengundang narasumber dari UPT Penyuluhan Pertanian Way Tuba. 


"Selain kegiatan pelatihan pertanian ini di Posluhdes juga beberapa waktu menggandeng pihak Bank BNI untuk memfasilitasi pemodalan usaha tani lewat program KUR" jelas Yayu.


Dia berharap adanya Posludes ini akan menjadi jembatan bagi para petani, kelompok tani, gapoktan di tingkat kampung dengan Pemerintah yakni Dinas TPHP Way Kanan. Sehingga peningkatan kualitas SDM Petani melalui program pemerintah dan kesejahteraan petani juga dapat meningkat.





Desi/Anton

Tidak ada komentar