Breaking News

Tingkatkan Keterbukaan Informasi, Pemkab Batu Bara Gelar Bimtek PPID

 


Batu Bara-Sumut, radarjakarta.net

Dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik, Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkab Batu Bara yang diadakan di Aula Singapore Land Hotel, Kecamatan Sei Balai, Selasa (15/11/2022).


Bimtek dibuka Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diwakili Staf Ahli Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Batu Bara Attaruddin, S.Pd., M.M., bersama Kepala Dinas Kominfo, Edwin Aldrin Sitorus, S.Sos., S.E., M.Si.


Bimtek PPID ini diikuti oleh PPID Pembantu dan Operator PPID Pembantu yang ada di setiap OPD se-Kabupaten Batu Bara. Bertindak sebagai narasumber Dedy Ardiansyah dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara dan Dra. Efi Zarnita, M.Si., dari PPID Pemprov Sumatera Utara.


Dalam sambutan Bupati Zahir yang disampaikan Attaruddin menyampaikan pemberlakuan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukan informasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Batu Bara.


"Mari sama-sama kita belajar mengenai keterbukaan informasi publik dan kita manfaatkan momentum ini untuk saling bertukar pikiran serta terus gali ilmu dari narasumber yang nantinya akan menyampaikan pemaparannya," sebut Attaruddin.


Pada kesempatan tersebut Bupati Zahir melalui Attaruddin juga menyerahkan cenderamata tanda kenang-kenangan kepada para narasumber.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber beserta diskusi tanya jawab untuk saling tukar pikiran mengenai keterbukaan informasi publik.


Selain pemaparan tentang PPID, pada Bimtek ini para peserta juga diajarkan langsung bagaimana penggunaan aplikasi PPID dan tips dalam menangani pemohon informasi. Kegiatan ditutup oleh Kadis Kominfo yang diwakili Sekretaris Diskominfo Zulkarnain, S.E., M.Si. (Sp)

Tidak ada komentar