Breaking News

PT. Inalum Persero" Kuala Tanjung Agar Maksimal Berdayakan Masyarakat Desa Kuala Indah.

 


Batu Bara, radarjakarta.net

Desa Kuala Indah Kecamatan Sei suka, Kabupaten Batubara,  Provinsi Sumatera utara lokasi tempat  Pabrik Peleburan PT. Inalum Persero" Kuala Tanjung, dan berbatas langsung dengan pemukiman penduduk khususnya didusun 1 padang Serunai. 


Mata pencaharian Warga masyakat desa Kuala indah  yang terbesar adalah sebagai nelayan,  petani dan buruh. 


Menurut Matsyah,  Kontribusi terbesar untuk menunjang proses Peleburan PT.Inalum Persero adalah desa Kuala Indah, termasuk tempat kedudukan Pabrik peleburan, tempat  Sumber air sungai bahbolon, dan tiang tower Jaringan listrik (Sutet) ada di desa kuala indah. 


Namun sangat disayangkan, Bumi, Air dan Udara yang telah dimanfaatkan oleh PT. Inalum Persero" Kuala Tanjung tidak sesuai dengan harapan masyarakat sesuai yang ditentukan Peraturan dan Undang-Undang.sebut Kepala desa Kuala Indah Matsyah, diruangan kerjanya. Jum'at (01/07/ 2022).


Matsyah berharap, Management PT. Inalum Persero" dapat lebih memperhatikan/memberdayakan masyarakatnya untuk dapat diterima sebagai karyawan di Perusahaan PT. Inalum Persero" milik BUMN Ini. 


Begitu juga dengan Corporate Sosial Responsibility (CSR) agar disalurkan lebih maksimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa kuala Indah, karena desa kuala indah penyumbang kontribusi terbesar untuk PT. Inalum Persero" Kuala Tanjung.


Kita juga mengakui, bukan PT. Inalum Persero" tidak pernah memberikan batuan, tetapi harapan kita lebih maksimal dalam penggunaan CSR untuk dimanfaatkan  masyarakat Desa Kuala Indah, karena Desa Kuala indah Penerima langsung  imbas dampak Polusi.ujarnya.


Dalam hal Perekrutan tenaga kerja untuk menjadi Karyawan di PT. Inalum Persero" seharusnya menjadi  Prioritas, termasuk pekerja di mitra kerjanya,  karena sekarang ini Warga masyarakat desa Kuala Indah  masih sangat minim yang dipekerjakan sebagai karyawan  di PT. Inalum Persero" termasuk  di Mitra kerjanya.


Matsyah menambahkan, contoh baru-baru ini ada perekrutan untuk pekerja di PT. GMT mitra kerja PT. Inalum Persero" tidak ada pemberitahuan perekrutan tenaga kerja, setelah diprotes, Pemberitahuan perekrutan disampaikan.


Matsyah meminta agar management PT. Inalum Persero" dapat lebih serius mempertimbangkan keberadaan masyarakat  Desa Kuala Indah, karena kami termasuk menjaga aset PT. Inalum Persero. 


Termasuk meninjau ulang keberadaan ketinggian tiang tower aliran Listrik (Sutet) yang dirasa ketinggiannya hanya 8 meter dari Permukaan tanah, seingat saya pernah membaca  peraturan ketinggian tiang tower sutet (Saluran listrik tegangan tinggi) kelenturannya 15 meter dari permukaan tanah.


Jika benar peraturan ketinggian kelenturan sutet 15 meter dan terpasang hanya 8 meter,  ini bisa membahayakan kesehatan masyarakat, ungkap Matsyah. Sp) 

Tidak ada komentar