Breaking News

Kedai Kopi dan Rest Area Yong Bengkalis Bagan Besar Resmi Operasi, Joni Saprijal : Nuansa Tradisional

 





DUMAI, RADARJAKARTA.NET—

  Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., resmikan kedai kopi dan rest area Yong Bengkalis Dumai, Selasa (19/7/2022) pagi.


Lokasi kedai kopi berada di Jln lintas Soekarno-Hatta Km 14 Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur samping Jln/Gg Tengku Sulung. Lebih kurang 200 Mtr sebelum pintu tol Bagan Besar, jika dari arah kota.


Kehadiran kedai kopi, sebagai wujud peningkatan UKM dan pemberdayaan masyarakat dan perputaran ekonomi Riau, khususnya Dumai.


Dalam preambulenya, sang owner Wan Joni Saprijal paparkan historis penamaan Yong Bengkalis.


"Yong berasal dari bahasa Melayu, punya makna Anak Tertua. Bengkalis merupakan nama pulau asal saya," ucap Joni.


Di sampaikan beliau, kedai kopi merupakan cabang kedua di Dumai dan kesepuluh di Riau.


"Berdiri pertama kali pada 10 November 2016. Sudah tersebar di Siak 2, Pelalawan 1, Pekanbaru 5, Dumai 2 dan saat ini dalam masa persiapan dekat kantor Walikota Pekanbaru, di Tenayan Raya. Total pekerja 55 , merupakan putra daerah setempat," tambah pria kurus berkacamata ini.


Lagi katanya, Yong Bengkalis gunakan konsep tradisional. Jadi tidak ada suara musik. Menu tradisional Melayu merupakan sajian makanan minuman. "Konsep Yong Bengkalis nuansa Tradisional Melayu," kata Joni.


"Saat ini ada tambahan menu, Nasi Briyani. Berasal dari beras berkadar gula rendah," lanjut Joni. Lewat kesempatan tersebut, Joni minta Pemko agar bisa berikan bimbingan UKM.


Selanjutnya, Walikota Paisal minta pada owner Joni Saprijal agar pertahankan prinsip sajian tradisional pada Yong Bengkalis.


"Pertahankan. Silahkan koordinasi dengan Dekranasda dan Dinas UKM, Koperasi dan Industri," sambutan Paisal.


Paisal tak lupa peringatkan agar tetap jaga kebersihan.


"Saat ini Dumai sudah jadi destinasi wisata kuliner dan pantai. Perhatikan kualitas makanan dan harga," imbuh Paisal.


Dengan 1.000 KK jumlah penduduk miskin Kota Dumai, beliau berharap agar Yong Bengkalis bisa angkat ekonomi masyarakat. "Di Kecamatan Sungai Sembilan belum ada Yong Bengkalis. Daerah tersebut merupakan Kawasan Industri," himbau pria Kelahiran Rohil tersebut.


Selesai sambutan singkat, para tamu terdiri dari Kadis Perkim, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, Camat Bukit Kapur, 7 Lurah se-Bukit Kapur dan Ketua RT di jamu makan bersama.


Usai acara, di singgung perilaku PNS Dumai yang selalu nongkrong ngopi di warung saat jam kerja, Walikota Paisal berkata "Selagi situasinya wajar, nggak masalah".



(ES)

Tidak ada komentar