Breaking News

*Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Morowali Ilham Lamidu S.HI., M.M Ini Programnya*

 




Morowali - Sulawesi Tengah 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Morowali, Ilham Lamidu S.HI., M.M yang di konfirmasi wartawan bertempat di kantor Bpbd  senin, 6 juni 2022. 


Ilham Lamidu menjelaskan usai di lantik program minggu pertama pengenalan di kantor Bpbd  dengan stafnya, minggu kedua pengecekkan administrasi di kantor  Bpbd  dan ada empat program yang harus di jalankan.

1. Melindungi masyarakat dari bencana 2. Mengevakuasi masyarakat ketika terjadi bencana 

3. Bersahabat dengan alam ketika terjadi bencana 

4. Mempertahankan kearifan lokal.


Berdasarkan undang-undang nomor 24 tahun 2008 tentang badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) ada tiga faktor yang harus di patuhi kata Ilham

1. Sebagai koordinator 

2. Sebagai komando 

3. Sebagai pelaksana di lapangan dengan reaksi cepat ketika bencana terjadi.


Dalam menangani bencana, masyarakat tangguh bencana, rasa aman, menurunkan indeks bencana, mengurangi dampak bencana dengan melalui upaya normalisasi sungai, pembangunan tanggul. Kemudian non struktural di laksanakan sosialisasi, edukasi, penyuluhan dan simulasi untuk pemulihan kebutuhan dasar, perbaikan darurat sarana serta perbaikan sarana yang rusak. 


Untuk di ketahui belum lama ini angin puting beliung terjadi di desa Puungkoelu Kecamatan Bungku Tengah. Kepala BPBD, Ilham Lamidu bersama stafnya secepatnya mengantisipasi dengan gerak cepat menyumbangkan seng kepada masyarakat yang terkena dampak bencana. 


Tujuan akhir di BPBD melaksanakan resiko bencana, sosialisasi serta penyuluhan dan menurunkan resiko bencana.


"Untuk program bulan juni 2022 yang akan di laksanakan di BRI yaitu diklat tim reaksi cepat bencana dan simulasi evakuasi mandiri serta sosialisasi jalur evakuasi di daratan kelurahan Lamberea Kabupaten Morowali", kata Ilham.


Ilham Lamidu S.HI., M.M melalui tahapan hingga menjadi kepala bencana Kabupaten Morowali, pernah menjadi kepala seksi dinas pekerjaan umum (PU), kemudian kepala seksi dinas pendidikan dan Dispora,Sekertaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan melalui uji kompetensi dan seleksi akhirnya Ilham Lamidu S.HI., M.M di lantik menjabat Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Morowali tanggal 10 mei 2022, hari selesa dan Ilham Lamidu di akui berpengalaman di lapangan.


          RPDM.

Tidak ada komentar