Breaking News

Wali Kota Makassar Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Lapangan Karebosi.

 





Makassar, Radar Jakarta.net.

Salah satu lokasi tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah Karebosi.

Karebosi menjadi lokasi yang dipilih oleh Wali Kota Makassar, Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Danny Pomanto.

Lapangan Karebosi menjadi lokasi Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah, berdasarkan keputusan rapat penyambutan Hari Besar Islam (HBI) yang diselenggarakan di Balaikota pada Kamis (21/4/2022) lalu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemerintah Kota Makassar, Muhammad Syarief mengatakan, lokasi shalat Idul Fitri 1443 Hijriah yang bertempat di Lapangan Karebosi mendapat dukungan dalam rapat dan telah disepakati bersama.

Rapat penyambutan HBI tersebut, dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan unsur lainnya.

Wali Kota Danny Pomanto mengatakan, sebelumnya lokasi pelaksanaan salat Ied tadinya ingin ditempatkan di Pantai Losari, namun ia berkata jangan, karena Karebosi sudah merupakan tempat yang legendaris.

"Karebosi itu sudah merupakan tempat yang legendaris," kata Danny.

Untuk diketahui, Muhammadiyah telah lebih dahulu menetapkan tanggal hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah tahun 2022 jatuh pada Senin (2/5/2022).

Hal tersebut dinyatakan melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022 tentang penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah 

Adapun sidang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag yang diawali dengan proses pengamatan hilal yang dilakukan di 99 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Terpenting, Pemkot Makassar menetapkan Lapangan Karebosi merupakan tempat pelaksanaan salat Ied 1 Syawal 1443 Hijriah.


Reporter: Andi Abdul Razak B.Wahiduddin.

Editor: Ra Ja.net/redaksi.

Tidak ada komentar