Breaking News

Upacara Peringatan Harkitnas di Kantor Gubernur Sulbar Dipimpin Pj Gubernur, Akmal: Ayo Bangkit Bersama.

 





Mamuju, Radar Jakarta.net

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada Jumat, 2 Mei 2022 di Kantor Gubernur Sulawesi  Barat (Sulbar) berlangsung di lapangan upacara kantor gubernur Sulbar, Jl. Abd Malik Pattana Endeng Mamuju.

Pelaksanaan upacara tersebut dipimpin oleh inspektur upacara (irup) Pj. Gubernur Sulbar, Dr. Akmal Malik, M.Si.

Dalam sambutan tertulisnya, Menkominfo Johnny Gerard Plate, SE,  yang dibacakan Akmal mengatakan, tahun ini kita memperingati Harkitnas ke-114.

"Ayo bangkit bersama, menjadi tema peringatan Harkitnas tahun ini," kata Akmal.

Hal ini, katanya, sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang telah melanda tanah air dua tahun terakhir.

"Peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja," katanya.

Dikatakan, guna memahami esensi sejarah Kebangkitan  Nasional (Kitnas), mari sejenak kita telaah sisi historis dibalik peringatan Harkitnas.

"Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia," kata Akmal.

Di masa itu, lanjutnya, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

"Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan," pungkasnya.

Sebagai catatan informasi, upacara peringatan Harkitnas pada Jumat, 20 Mei 2022 yang berlangsung di Kantor Gubernur Sulbar juga dihadiri Danrem 142 Taro Ada Taro Gau (Tatag), Brigjen TNI Farouk Pakar, S.Pd., M.Han dan jajaran Forkopimda Sulbar lainnya.

Reporter: Andi Abdul Razak B.Wahiduddin.

Editor: Ra Ja.net/redaksi.

Tidak ada komentar