Breaking News

Dinsos Salurkan 130 Alat Bantu Disabilitas

 


MUARA ENIM – 

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Sosial (Dinsos) tahun ini kembali menyalurkan bantuan alat bagi penyandang Disabilitas.


Berdasarkan informasi di dapatkan, sekitar 130 alat bantu akan di bagikan kepada warga penyandang disabilitas yang sudah diusulkan sejak tahun lalu. Diantaranya, Kursi roda, alat bantu dengar, tongkat, walker kaki empat, tongkat netra, tongkat lipat, kruck ketiak, tongkat tripot, dan walker anak.


Kepala Dinas Sosial, Drs Bhakti Msi, melalui Kabid Rehabilitasi, Ericha Sefriyeni SKM MM menerangkan, pemerintah Kabupaten Muara Enim, khususnya melalui Dinas Sosial berkomitmen meningkatkan kepedulian kepada masyarakat penyandang sosial. Dan kali ini, Dinas Sosial menyelurkan bantuan sebanyak 130 alat bantu bagi penyandang disabilitas yang datanya sudah masuk berdasarkan usulan melalui proposal.

Adapun sasaran bantuan ini tersebar di 16 Kecamatan, antara lain Semendo Darat Laut sebanyak 2 orang, Semendo Darat Tengah sebanyak 3 orang, Semendo Darat Ulu sebanyak 1 orang, Tanjung Agung 11 orang, Panang Enim 1 orang, Muara Enim 5 orang, Ujanmas 5 orang, Belimbing 1 orang, Gunung Megang 16 orang, Lubai 6 orang, Lubai Ulu 6 orang, Rambang 5 orang, Gelumbang 1 orang, Lembak 23 orang, Sungai Rotan 24 orang, dan Belida Darat 8 orang. Kemudian, jumlah bantuan kursi roda 36 buah, alat bantu dengar 60 buah, tongkat 1 buah, walker kaki empat 1 buah, tongkat netra 16 buah, tongkat lipat 1 buah, kruck ketiak 4 buah, tongkat tripot 6 buah, dan walker anak 1 buah.

“Kegiatan penyaluran ini tengah dilakukan oleh tim Dinas Sosial, bersama pemerintah setempat di Kecamatan, desa, dan Kelurahan.


Mydah-mudahan bantuan yang diberikan ini bermanfaat,”kata Icha.

Menurutnya, bantuan alat tersebut sangat membantu bagi warga penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari, menunjang produktifitas, serta lebih mandiri. Dengan adanya alat bantu tersebut, diharapkan agar penyandang disabilitas menjadi semangat, dan termotivasi untuk dapat beraktivitas secara maksimal. 


Disamping itu pula, hingga saat ini pula Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim akan terus melakukan pendataan, usulan warga yang akan memperoleh bantuan yang tentunya disesuaikan dengan anggaran.


Bantuan yang diberikan sesuai dengan proposal yang masuk ke Dinsos, lalu proposal yang lebih dulu masuk akan di akomodir 

duluan sesuai dengan ketersediaan dana yang ada. Jika belum bisa tahun ini maka, kita usulkan tahun depan,” tutur Icha.

Sementara itu, Ujuliah (66), warga Desa Embawang Kecamatan Tanjung Agung yang baru saja mendapatkan bantuan korsi roda dari Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim mengaku sangat senang. 


Karena memilki keterbatasan ekonomi, sebelumnya Ujuliah hanya pasrah dengan kondisi fisik yang saat ini sangat lemah tidak mampu berjalan.

“Saya sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan korsi roda dari pemerintah.


 Saya mengaucapkan terima kasih kepada warga, tetangga, Kepala desa, yang sudah peduli, dan membantu dirinya bisa mendapatkan bantuan 

korsi roda.


 Sebelumnya saya tidak terbayang, bisa membeli korsi roda yang harganya sangat mahal bagio saya, karena tidak memiliki uang,”kata dia.


Laporan : Hendra

Tidak ada komentar