Breaking News

Bupati Morowali Resmikan Vertikal Drayer Kapasitas 30 Ton , Di Desa Limbo Makmur , Siap Beroperasi

 






Morowali, Sul - Teng,  radar Jakarta 

Peresmian Vertical drayer 30 Ton   Desa Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Kabupaten  Morowali,  Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu(22/05/2022)


Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan 

 Pangan, Andi Irman, S. S. STP, MM dalam sambutannya menyampaikan, ini adalah satu-satunya vertikal drayer yang ada di Sulawesi Tengah yang dimiliki oleh Kabupaten Morowali, ini bukan APBN tapi ini APBD makanya saya mewakili petani dan seluruh Insan Petani,"Jelasnya


Masyarakat  yang ada di Morowali khususnya Bumi Raya,  Bungku barat dan wita Ponda mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati bapak anggota DPRD yang telah menyetujui sehingga hari ini bisa kita lihat dan bisa kita saksikan bersama-sama untuk pengoperasian kegiatan ini,"Ucapnya.


Sambung Kadis Pertanian saya jujur Saya bangga karena apa, Karena di setiap daerah orang selalu bertanya vertikal drayer apa yang dibeli oleh Morowali yang biasanya yang dibangun itu hanya 10 ton 7 ton. tapi ini 30 ton saat ini menjadi tantangan kita petani kita pengelola untuk bisa merawat baik-baik ini bukan uang kecil, ini bukan uang kecil perlu saya sampaikan bahwa vertikal drayer ini vertikal trailer ini punya keunggulan yang sudah modern mau di pengeringnya sudah full stainless blower dia punya blower berbahan bakar bahan bakarnya sekam, ini sudah pakai sekam sistem pengering otomatis sistem pembersih otomatis sistem pengeluaran hasil pengering otomatis kalau yang 7 Ton dan 10 ton



Vertikal Draiyer ini menggunakan anggaran APBD tahun 2021 itu Kurang lebih 3 miliar dan Alhamdulillah Pak Bupati bahwa kemarin sudah di audit dari BPK dan dinyatakan tuntas Alhamdulillah Ini harapan kita bahwa kegiatan-kegiatan perhatian pemerintah ini bukan semata-mata asal jadi, tetapi mau bagaimana supaya kualitas yang terbaik,"Harapnya.


Pokoknya yang terbaik buat petani tahun lalu kita membelikan alat panen, tahun lalu berbagi banyak yang datang sama saya Makanya bisa enggak kita beli pompa ini yang merek biasa-biasa saja yang penting banyak saya bilang saya tidak mau Pak Bupati tidak pernah mengijinkan dan kabupaten tidak pernah mengajarkan kami yang begitu Kami mau yang terbaik dan selalu yang terbaik di Sulawesi Tengah.


Lanjut, Bupati Morowali meresmikan  istalasi  pengering gabah" Vertikal Drayer kapasitas 30 Ton " dan panen kelompok  tani sumber rezeki desa limbo makmur , kec Bumi Raya.


Drs Taslim, Bupati Morowali dalam sambutannya, untuk pengelolaan alat pengering itu

di mohon jangan ada diantara petani memanfaatkan fasilitas pemerintah , fasilitas umum untuk mendapatkan keuntungan .

Saat ini mulai dari tanam sampai panen  biaya di tanggung pemerintah kab. Morowali ( Dinas Pertanian Red. )

Sekali tanam dan panen , biaya garapan . 3.5 juta

Dan koperasi gunakan dana  5 Miliar  untuk membantu para petani. Ujar Taslim


Tidak ada lagi Alat petani di bayar  semuanya di gratiskan Pemda Morowali.

Dan bukan hanya petani sawah yang di bantu, petani sawit juga dapat merasakan naiknya harga sawit ada nya pabrik kelapa sawit di topogaro. Kec. Bungku Barat. Harga sawit saat ini 2 rb lebih. Olenya rawat baik- baik kebun kelapa sawit karena dapat.menopang ekonomi.

Dan untuk jalan dari Bungku Barat sd. Bumi Raya. Limbo Makmur tetap akan di kerjakan. Tutup Taslim.


Hadir dalam acara tersebut, Bupati Morowali Drs Taslim, Ibu Pkk  Hj Asnoni, Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, Sekda Drs Yusman Mahvub, Kadis Pertanian  dan Ketahanan Pangan  Kab. Morowali , Andi Irman , Kadis Kesehatan Ashar Ma'ruf, Se, dan beberapa kepala Opd, Kepala Desa sekec Bumi Raya, Wita Ponda, Bungku.Barat , Kades Wosu . Ismail Rahman, Dan Ramil Bungku Tengah, Kapolsek Bumi Raya dan Anggota polisi, serta Para Tamu Undangan . Minggu 22/ 05/ 2022.

            

           Rpdm.

Tidak ada komentar